Rugikan Negera Rp 1,3 Miliar, Rekanan Diskanla Sumut Divonis 4 Tahun Enam Bulan

Direktur PT Prima Mandiri Satria Perkasa, Sri Mauliaty yang merupakan rekanan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Sumatera Utara menjalani sidang vonis di Pengadilan Tipikor pada PN Medan, Selasa (13/2/2018).

Majelis hakim yang dipimpin Saryana menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 3 ayat (1) Jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Menjatuhi terdakwa Sri Mauliaty dengan hukuman pidana selama 4 tahun enam bulan penjara, denda Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan,” sebut Saryana di Ruang Cakra IX PN Medan.

Selain itu, majelis hakim juga mengenakan wanita berjilbab itu untuk membayarkan Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 1,1 miliar lebih subsidair dua tahun 3 bulan kurungan.

Seusai pembacaan vonis itu, baik penasihat hukum terdakwq maupun Jaksa Penuntu Umum (JPU) menyatakan pikir-pikir.

“Kami pikir-pikir majelis,” kata JPU Putri Marlina S.

Untuk diketahui, dalam dakwaan JPU menyebutkan terdakwa bersama Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Matius Bangun dan terdakwa Andika Ansori Adil Nasution selaku Ketua Panitia Lelang didakwa melakukan korupsi pengadaan 6 unit kapal nelayan Tahun Anggaran (TA) 2014.

Adapun modus dalam kasus korupsi ini terjadi dengan cara memanipulasi data dan keterlambatan pembuatan kapal sehingga tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Seperti halnya jabatan tenaga ahli untuk konsultan perencanaan dan tenaga ahli untuk konsultan pengawasan posisinya diduduki orang yang sama,” ungkapnya

Selain itu, pemenang lelang dalam hal ini PT PT Prima Mandiri Satria Perkasa selaku penyedia barang tidak melaksanakan pekerjaan utama. Namun justru diberikan kepada UD Usaha Bersama untuk melakukan pekerjaan utama dan kepada UD Sugi Laut untuk pengerjaan alat tangkap.

Sehingga pembuatan kapal menjadi terlambat untuk diselesaikan. Namun penyedia barang tidak dikenakan pemutusan kontrak atau denda.(cr8/tribun-medan.com)


Artikel asli: http://medan.tribunnews.com/2018/02/13/rugikan-negera-rp-13-miliar-rekanan-diskanla-sumut-divonis-4-tahun-enam-bulan


Gimana menurut Kawan WPM?

Gimana menurut Kawan WPM?