Pastikan Gunakan 5 Etika Membalas Chat Ini Supaya Kamu Makin Disenangi Orang

Hipwee.com/Alif Mauludi – Di zaman milenial ini chat merupakan suatu hal yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Dengan adanya chat, manusia bisa melakukan komunikasi dari yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin. Contohnya saja jika ingin menyapa teman lama, cukup cari akun instagramnya kemudian kita sapa dengan fitur direct message. Jangankan yang jauh, terkadang banyak orang yang saking malasnya bergerak justru mengirim chat kepada orang yang satu rumah dengannya.

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang perlu kamu terapkan ketika menerima atau mengirim chat. Memang sih sederhana, tapi efeknya luar biasa. Dengan melakukan hal-hal di bawah ini, dijamin orang lain pasti akan semakin menyukai kepribadianmu.

1. Jangan suka mancing emosi dengan menggunakan bahasa-bahasa kekinian nan kasar

Bahasa yang digunakan merupakan faktor terpenting dalam sebuah chat. Jika kamu menggunakan bahasa yang buruk kepada orang yang menerima chat-mu, maka kamu tidak akan disukai. Bisa saja ketika kamu mengirim pesan kepada orang yang sama, chat mu tidak akan pernah terbalas. Oleh karena itu, jika kamu tidak sengaja mengeluarkan kata yang tidak menyenangkan sebaiknya segera meminta maaf.

Chat itu di dunia maya, dan apa pun yang kita lakukan di dunia maya bisa dipikirkan matang-matang terlebih dahulu.

2. Jika bisa membalas chat dengan cepat, usahakan untuk nggak menunda-nundanya

Membalas Chat di Tengah Kuliah

Membalas Chat di Tengah Kuliah via https://images.pexels.com

Semakin kamu cepat dalam membalas chat, orang akan semakin suka. Karena orang akan menganggap kamu bisa diandalkan kapanpun. Jadi, sesibuk apapun kamu minimal membalas dengan “Maaf, saya masih ada kerjaan. Nanti saja ya … ” dan orang pasti akan memaklumi. Dan jika memang sama sekali tidak punya waktu untuk membalas saat itu juga, pastikan mengawalinya dengan kata “Maaf baru balas, tadi ada hal yang tidak bisa ditinggalkan” atau semacamnya.

3. Read doang itu sama dengan nggak sopan!

Chat Di Read

Chat Di Read via https://www.themodernman.com

Salah satu hal yang paling menyakitkan adalah chat yang hanya di-read. Mungkin kamu berpikir ketika tidak punya waktu untuk membalas kemudian chat yang diterima sudah berjam-jam sehingga kamu memilih untuk hanya me-read saja. Padahal orang yang mengirim pesan bisa jadi masih menunggu balasanmu. Apa yang terjadi? Tentunya orang lebih memilih orang lain yang menyempatkan membalas chat daripada mengirim chat lagi kepada orang yang hanya me-read chat-nya.

4. Menambahkan kalimat penutup dalam chat itu wajib. Ini tanda, kalau kamu punya etika

Orang akan lebih suka lagi jika kamu yang mengakhiri percakapan di chat meskipun dia yang sebenarnya berniat untuk mengakhiri percakapan. Contohnya dengan balasan ‘OK’. Pastikan semua chat pribadi yang masuk ke ponselmu memiliki tanda centang atau pesan yang dikirim. Jangan pedulikan itu dibaca atau tidak yang penting kamu yang mengakhiri percakapannya.

5. Plus, jangan pernah memaksa orang lain untuk membalas chat-mu dengan cepat

Menunggu Chat Balasan

Menunggu Chat Balasan via https://nasehvezdy.cz

Kita tidak pernah tahu apa yang sedang dilakukan orang lain. Bisa jadi dia sangat sibuk sehingga belum membalas chat kita, bisa jadi pula dia memang malas membalas chat kita. Tapi kita tidak punya hak untuk memaksa dia membalas secara langsung meskipun dalam keadaan darurat. Kita bisa kok mengirim chat kepada orang yang disekitarnya untuk mengingatkan membalas chat kita. Atau kita bisa menggunakan kata-kata yang baik sehingga membuat orang yang kita kirimi chat mau membalas secara langsung.

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”


Gimana menurut Kawan WPM?

Gimana menurut Kawan WPM?