Jadi Calo Masuk PNS, Pria Ini Raup Keuntungan Rp 4 Miliar

Setelah dua tahun melarikan diri, Jannes Simamora (49) calo Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditangkap Polisi.

Jannes mengaku telah melakukan penipuan calo masuk jadi PNS di Tapanuli Utara.

Total uang yang diraup mencapai Rr 4 milliar, namun, uang tersebut diserahkan kepada saudaranya Saut Simamora dan boru Simamora.

Polres Taput pun masih melakukan pengejaran terhadap Saut Simamora dan boru Simamora.
.
“Hingga kini, Polres Taput masih melakukan pengejaran terhadap rekan Jannes yakni Saut Simamora dan boru Simamora,” ujar Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing di Mako Polres Taput, Jalan Letjen Surapto Tarutung, Rabu (13/12/2017).

Walpon mengatakan, Jannes berhasil di tangkap oleh pihak kepolisian pada Rabu 6 Desember 2017 lalu.

Jannes yang merupakan Warga Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung ini diamankan Sat Reskrim Polres Taput dari Kecamatan Siatas Barita berkat kerjasama dengan masyarakat.

Katanya, setelah tersangka diboyong ke Polres Taput, dalam pemeriksaan pelaku mengakui kalau telah melakukan penipuan atau menjadi calo PNS. Karena mempunyai kenalan di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, yakni Boru Simamora.

Jumlah warga yang ditipu untuk masuk PNS sebanyak 30 orang lebih dengan total uang yang di raup dari keseluruhan Rp 4 milliar lebih.

Tersangka juga mengakui bahwa uang hasil tipuan itu diserahkannya kepada Boru Simamora dan juga kepada saudaranya Saut Simamora.

Kepada korbannya pelaku meyakinkan, bahwa dia bisa memasukkan PNS karena Boru Simamora mengaku sebagai pegawai di kantor Menpan serta merupakan keluarga dekat istri pejabat.
.
“Tersangka percaya kepada Boru Simamora, bisa memasukkan seseorang jadi PNS, sebab Boru Simamora mengaku sebagai pegawai di kantor Menpan serta merupakan keluarga dekat istri pejabat di Pemkab Taput,” ucap Walpon Baringbing.

Marihot Sihite, satu dari korban yang melaporkan penipuan itu ke Polres Taput mengaku diiming-imingi bisa masuk PNS jalur khusus dengan bayaran Rp 150 juta untuk tamatan S1.

Marihot pun memberi uang sebanyak Rp 390 juta karena kedua anaknya dijanjikan bisa masuk PNS.

Sampai saat ini, Pelaku masih ditahan di Polres Taput guna pengembangan kasusnya. Sedangkan Saut Simamora dan kakakya yang mengaku sebagai Pegawai Kementerian PAN RB masih diselidiki keberadannya.

Menurut Walpon, sebelumnya pelaku berstatus PNS di Pemda Taput, namun pada januari 2017 sudah diberhentikan. Oknum PNS ini disebut-sebut terakhir bertugas di Kantor Camat Sipoholon.

Sementara itu, Jannes mengatakan saat masyarakat yang dicaloinya menayakan kepastian dari Jannes ia pun jadi linglung.

Soalnya, pada Juni 2016, dia pergi ke Jakarta untuk mencari Boru Simamora.

Niatnya untuk bertemu pun malah tidak kesampaian. Pun ketika dia menghubungi Boru Simamora melalui telepon genggamnya, tidak lagi bisa dihubungi.

Sumber: http://medan.tribunnews.com/2017/12/13/wow-jadi-calo-masuk-pns-pria-ini-raup-keuntungan-rp-4-miliar?page=all

Apa pendapatmu?