5 Wisata Taman Terbuka di Kota Medan

Kota Medan adalah kota metropolitan terbesar di luar Pulau Jawa dan merupakan terbesar ketiga di Indonesia. Maka tak heran jika kota Medan tidak terlepas dari yang namanya keruwetan, kemacetan, polusi dan kebisingan yang berpotensi membuat stres masyarakatnya. Oleh sebab itu, keberadaan ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan untuk memberikan kesejukan dan refresing bagi masyarakat Kota Medan.

Bersyukurlah warga Medan, karena punya 5 taman yang indah. Taman yang dapat menjadi tempat menyegarkan pikiran, sekaligus destinasi wisata. Inilah 5 taman yang indah di Medan :

1. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani berada di jalan protokol Jalan Sudirman dan Jalan Imam Bonjol, Medan. Taman ini diberi nama Taman Ahmad Yani karena tepat di tengah taman ini terdapat Monumen Patung Pahlawan Nasional, Ahmad Yani setinggi 11 meter. Taman ini sungguh asri dan menyejukkan karena di taman seluas dua hektar ini terdapat banyak sekali pohon-pohon rimbun. Di taman ini juga terdapat fasilitas olahraga seperti jogging track dan alat-alat olahraga lainnya serta beberapa wahana permainan untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit dan berbagai macam wahana permainan lainnya.

http://www.lapakmedan.com

3. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika Pramuka berada di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Taman yang dibangun pada tahun 2012 dan memiliki luas 5000 m2 ini memiliki suasana yang sangat asri dan hijau, ada banyak pohon-pohon rindang seperti mahoni, manggis, flamboyan, tanjung, kihujan, kelapa, ketapang, rukam, nam-nam dan berbagai jenis bunga menghiasi seluruh penjuru taman.

Asyiknya, taman ini juga memiliki danau buatan kecil yang cantik dan asri. Meski berukuran kecil, namun danaunya sangat indah dan tenang. Udaranya yang segar karena dikelilingi pepohonan hijau pun mampu menghadirkan perasaan tenang dan rileks sehingga membuat kita bisa betah berlama-lama duduk di tepi danau ini. Apalagi di bawah pepohonan rimbun tersebut juga telah disediakan bangku-bangku sehingga pengunjung akan semakin nyaman. Di sini juga terdapat dua buah jembatan gantung yang membelah danau kecil tadi. Jembatannya pun cukup keren dan menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung taman.

http://www.ceritamedan.com

3. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli adalah sebuah taman bersejarah peninggalan Kesultanan Melayu Deli yang terletak di Jalan Masjid Raya, tepatnya di depan Masjid Raya Al-Mashun dan tidak seberapa jauh dari Istana Maimun. Taman ini dibangun pada masa Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam, sultan Deli ke-9 sebagai tempat bersantai Sultan Deli dan keluarganya. Pada saat itu nama taman ini Derikanpark dan di tengah-tengah taman terdapat kolam berbentuk trapesium.

Meski sempat terbengkalai, tapi saat ini Taman Sri Deli sudah direvitalisasi sehingga kondisinya menjadi lebih baik dan terawat. Kolamnya pun dibersihkan sehingga telihat cantik dan jernih. Sarana dan prasana taman juga diperbaiki seperti toilet, bangku-bangku taman, dan juga tong sampah. Di taman ini juga dibuat foto memory yang memuat beberapa foto bersejarah tentang Taman Sri Deli dan Kesultanan Melayu Deli di masa lalu.

http://indolah.com

4. Taman Beringin

Taman Beringin berada di jalan Cik Di Tiro dan Jalan Sudirman, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. Di dalam taman yang ditata seperti hutan kota ini juga terdapat sebuah kolam air mancur yang bisa memberi kesejukan bagi pengunjung yang datang untuk sekedar melepas penat maupun yang sedang berekreasi bersama keluarga. Taman Beringin Kota Medan ini juga merupakan taman persahabatan Kota Medan dengan Amerika Serikat yang diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2014, pada saat kunjungan para awak kapal USS David dari Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia yang sedang melakukan latihan bersama guna meningkatkan pertahanan maritim.

semedan.com

5. Taman Edukasi Avros

Taman Edukasi Avros berada di Jalan Avros, No. 60B Kota Medan, tepatnya di tepian Sungai Deli dan diresmikan pada 25 September 2014. Taman ini memiliki suasana yang tenang dan udara yang segar akibat banyaknya pepohonan hijau yang ditanam di taman ini. Selain memiliki banyak pepohonan hijau, Taman Edukasi Avros juga memiliki program team building, survival dan sekolah alam. Jadi anak-anak yang berkunjung bersama sekolahnya akan diajarkan mengenai jenis-jenis tumbuhan, buah, sayuran, obat-obatan yang telah disediakan di lokasi. Selain program-program tersebut, Taman Edukasi Avros juga menyediakan berbagai wahana outbound seperti flying fox, halang rintang, pain ball hingga olah raga memanah.

tribunnews
tribunnews
Apa pendapatmu?

Gimana menurut Kawan WPM?